Kegiatan Menyenangkan Saat Berakhir Pekan

Kegiatan Menyenangkan Saat Berakhir Pekan

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Selamat pagi sahabat semua. Bagaimana kabarnya diakhir pekan ini? Hari ini bertepatan dengan 1 Muharram 1441 H. Selamat tahun baru Islam. Semoga kita menjadi insan yang lebih baik lagi ditahun yang baru ini.

Kali ini saya hendak berbagi ide untuk mengisi akhir pekan di rumah. Kegiatan tersebut diantaranya adalah :

1. Membaca buku favorit / majalah / koran

Mengisi waktu dengan membaca buku favorit, membaca majalah, koran maupun tabloid adalah hal yang sangat bermanfaat. Kita dapat memperoleh informasi maupun pandangan baru. Membaca adalah aktifitas yang menyenangkan. Ajak putra-putri kita untuk mulai menyukai aktifitas membaca, karena membaca adalah membuka jendela dunia.

2. Menulis

Aktifitas menulis bagi sebagian orang membuat pikiran rileks. Menulis apa saja dan diwaktu kapan saja, akan sungguh bermanfaat. Jadi tak benar jika menulis hanya sewaktu kita sedang bahagia. Menulis saat kita dalam kondisi sebaliknya pun bermanfaat untuk mengeluarkan beban pikiran maupun emosi yang ada. Setelah menulis, hati dan pikiranpun menjadi tenang.

3. Mewarnai

Saat ini ada buku bergambar khusus untuk diwarnai. Namanya buku mewarnai anti stres, yang memiliki aneka motif dan tema. Kita dapat mewarnai buku tersebut dengan pensil warna.Buku ini ukurannya beragam. Ada yang berukuran A4 dan ada yang lebih kecil, cocok untuk travelling. Ukurannya yang kecil membuat mudah dibawa kemana saja.

4. Memasak makanan kesukaan

Bagi sebagian orang, memasak adalah hal yang sulit untuk dilakukan setiap hari. Hal tersebut karena keterbatasan waktu serta kesibukan rutin seperti bekerja. Saat akhir pekan adalah waktu yang tepat untuk memasak makanan favorit atau mencoba resep masakan baru. Setelah memasak, kita akan dapat menikmati makanan buatan sendiri dan merasakan kepuasan karena telah berhasil memasak sendiri.

5. Berkebun

Rumah asri dan hijau membuat penghuninya merasa tenteram. Kita dapat mengisi akhir pekan kita dengan menanam aneka pohon hias rindang dan menanam bunga yang beraneka warna. Saat akhir pekan adalah saatnya untuk merawat tanaman, memyiraminya, memberi pupuk dan penyemprot hama tanaman.

Merawat dan menyentuh aneka pohon dan  bunga yang kita tanam dapat menimbulkan rasa bahagia dan puas dalam diri sendiri.

5. Berolahraga

Olahraga adalah hal yang paling memyenangkan dan mudah dilakukan. Kita dapat berjalan kaki maupun berlari mengelilingi wilayah seputar tempat tinggal kita. Olahraga lain yang mudah dilakukan adalah berenang maupun senam bersama. Dengan berolahraga, tubuh kita akan menjadi sehat. Tubuh akan melepaskan hormon yang membuat tubuh merasa rileks, bahagia dan tenang.

6. Membereskan kamar tidur

Selama lima hari kita telah meninggalkan rumah untuk beraktifitas rutin seperti bekerja sejak pukul tujuh hingga pukul enam sore. Setelah tiba di rumah kita hanya sempat membersihkan tubuh, makan lalu beristirahat kembali. Saat akhir pekan kita dapat menyibukkan diri dengan mengganti seprai serta penutup bantal dan gulingnya dengan yang bersih. Hal tersebut sangat dianjurkan agar kesehatan kita selalu terjaga. Karena seperti yang kita ketahui, tungau yang berada di tempat tidur, bantal dan guling sangat banyak dan dapat membuat kita alergi. Jika kita menggunakan pendingin ruangan setiap harinya, pada saat akhir pekan kita dapat membuka jendela lebar-lebar dan mematikan pendingin udara agar terjadi pertukaran udara alami yang sehat.

Demikianlah beberapa hal yang dapat kita lakukan selama berada di rumah dan saat berakhir pekan. Kita dapat mengisi waktu istirahat kita dengan aneka kegiatan yang menyenangkan, menyehatkan  serta membahagiakan.

Selamat berlibur.

 

 

2 thoughts on “Kegiatan Menyenangkan Saat Berakhir Pekan

    1. Hallo Mbak Lelly. Salam kenal ya mbak. Wah suka mewarnai juga ya mbak. Tema atau motif gambar apa mbak? Terima kasih sudah mengunjungi blog saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *