Merawat Wajah Sejak Dini

Merawat Wajah Sejak Dini

Melakukan perawatan wajah sejak dini sangat dianjurkan. Mendengar perawatan wajah sudah bergidik di awal? Wah, mahal. Aduh sempat tidak ya atau saya tipe yang pembosan dalam merawat wajah. Sungguh kurang tepat pendapat yang demikian karena melakukan perawatan wajah sederhana pun dapat kita lakukan dengan produk perawatan wajah yang cocok dengan usia serta kebutuhan kulit kita.

Dibawah ini adalah beberapa langkah perawatan wajah sederhana :
1. Proses pembersihan ( cleansing )
2. Proses penutupan kembali pori setelah pembersihan ( Toning )
3. Proses pengelupasan ( Peeling)
4. Proses masker
5. Proses pelembaban ( Moisturising)
6. Proses perlindungan kulit wajah ( Proteting )

Berikut ini adalah uraian dari keenam proses diatas :

1. Proses Pembersihan ( cleansing )
Kita dapat menggunakan susu pembersih yang sesuai dengan kondisi kulit wajah kita. Apakah kulit kita masuk dalam kategori kulit normal, berminyak ataupun kering. Jika sudah mengetahui kondisi kulit wajah kita, susu pembersih dapat kita pilih agar dapat bekerja secara oprimal pada permukaan kulit kita.
Cara penggunaan pembersih sangat bervariasi. Jika menggunakan facial wash, cukup disapukan pada wajah lalu dibilas dengan air bersih. Jika menggunakan susu pembersih, memgaplikasikannya dibantu dengan pemijatan tangan kemudian disapu bersih dengan bantuan kapas pembersih.

Proses pembersihan dapat dilakukan minimal dua kali sehari yaitu saat mandi pagi dan malam hari sebelum tidur.

2. Proses penutupan pori setelah penbersihan (Toning)

Setelah kulit wajah dibersihkan, wajib disapukan cairan toner yang berguna untuk menutup kembali kondisi pori-pori kulit yang terbuka saat proses pembersihan.

3. Proses Pengelupasan ( Peeling)

Proses peeling merupakan proses pembersihan yang mendalam, diantaranya membersihkan sel-sel kulit mati dan membersihkan sumbatan pada pori-pori wajah. Peeling dilakukan dengan melakukan pemijatan pada wajah menggunakan krim peeling, lalu dibasuh air hingga bersih. Peeling tepat dilakukan seminggu sekali.

4. Proses Masker ( Mask )

Penggunaan masker terdapat beberapa tujuan. Diantaranya adalah untuk deep cleansing ( pembersihan yang mendalam ), mencerahkan kulit ( whitening ), dan membuat kulit wajah  bersinar ( glowing ). Untuk penggunaan masker dapat dilakukan dua kali dalam seminggu.

5. Proses Pelembaban ( Moisturaising)

Setelah proses pembersihan dan penutupan kembali pori-pori, kita lanjutkan pada proses pelembaban. Kita dapat memggunakan krim atau cairan pelembab yang cocok bagi kulit kita. Penggunaan pelembab disesuaikan dengan kebutuhan dan aktifitas kita ya. Pelembab dapar digunakan minimal dua kali dalam sehari, atau saat kita merasakan kulit wajah kita kering. Selain pelembab, banyak wanita memambahkan serum wajah untuk hasil yang lebih optimal kembali.

6. Proses perlindungan kulit wajah ( Protecting).

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersih dan sehat, kita harus senantiasa melindungi kulit wajah kita dan disesuaikan dengan aktifitas kita. Misalkan pada pagi hari, setelah mengenakan pelembab, kita dapat menambahnya dengan penggunaan serum lalu krim siang. Saat malam pun demikian, kita gunakan serum dan krim malam. Krim dan serum tersebut dapat kita kenakan pada siang dan malam hari.

Pada prakteknya, rata-rata wanita menggunakan melakukan perawatan dengan pola sebagai berikut diselingi dengan menggunakan masker dan peeling dua kali dalam satu minggu :

A. Pembersih wajah + toner + pelembab

B. Pembersih wajah + toner + pelembab + serum + krim pagi/malam

Dalam seminggu dua kali dapat melakukan peeling dan masker.

Dengan membersihkan wajah secara teratur

dan disiplin, InsyaAllah kulit wajah kita senantiasa bersih dan terawat.

Untuk hasil yang lebih optimal sebaiknya didukung dengan mengkonsumsi banyak sayuran hijau dan berwarna, karena zat-zat yang ada pada sayur-sayuran sangat baik manfaatnya untuk mencerahkan dan menjaga elastisitas kulit, agar terhindar dari proses penuaan dini. Minumlah air putih sesuai  anjuran, agar kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dan membuat wajah kita sehat dan segar.

 

Tangsel, 02 September 2019

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *