Khasiat Air Beras

Khasiat Air Beras

Selamat siang sahabat semua

Dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi yang cukup penting, yaitu manfaat dari air beras. Seperti biasa, saat kita mencuci beras, biasanya air bilasan beras kita buang begitu sajakan? Kalau saya, dahulu setiap mencuci beras, airnya saya tampung dalam ember kecil dan saya gunakan untuk menyiram tanaman di halaman belakang rumah. Lumayan, bermanfaat untuk menyiram pohon.

Setelah saya tahu bahwa air beras bermanfaat untuk kulit wajah, saat ini air beras selalu saya sisihkan memjadi dua bagian. Sebagian besar untuk menyiram tanaman, sisanya saya pakai untuk oles-oles wajah.

Oh ya, bagaimana cara memperoleh air beras yang dimaksud diatas? Terdapat tiga cara untuk menghasilkan air beras yang kaya akan manfaat yaitu :

1.Air bekas mencuci beras

2. Air tajin atau air hasil memasak beras yang diperoleh setelah air  mendidih dan mulai mengental

3. Hasil fermentasi yang bersifat asam dan telah bercampur ragi. Cara ini biasanya digunakan  sebagai toner dan vitamin harian kulit wajah.

Penasaran dengan manfaat air beras untuk wajah? Yuk saya infokan penjelasannya dari dr. Holly P. Baneejee,M.D.,Dipl.CIBTAC berikut ini ya.

1. Air beras ternyata ampuh untuk mencegah penuaan dini pada kulit wajah.

Mengapa demikian? Karena saat wajah dicuci dengan air beras, kandungan pelembab dan zat antioksidan lebih mudah diserap oleh kulit. Kandungan tersebut bermanfaat  untuk mencegah timbulnya kerutan-kerutan pada wajah.  Noda gelap pada wajahpun akan berkurang sedikit demi sedikit. Penelitian lebih lanjut, selain itu air beras kaya dengan manfaat berbagai macam vitamin seperti vitamin A, B, C dan E.

2. Air beras dapat diolah sendiri sebagai  produk perawatan kulit dan wajah harian.

Meski sudah banyak produk kecantikkan berbahan dasar beras, kita juga dapat mengolahnya sendiri di rumah dan menggunakannya untuk dimanfaatkan menjadi produk pembersih kulit dan wajah, menjadi toner dan masker alami.

3. Air beras membantu rambut tumbuh lebih subur.

Tidak hanya kulit wajah, air beras juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit kepala.

Bahan kandungan karbohidrat jenis inositol bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Bahkan membuat rambut baru tumbuh dengan kualitas yang lebih baik. Bahan kandungan pitera dalam beras juga baik untuk memulihkan rambut yang kering dan rusak. Dalam air beras juga terdapat allantoin yang berguna untuk merawat kulit kepala dari terpaan produk perawatan rambut yang berbahan kimia. Allantoin juga baik untuk mengatasi iritasi kulit kepala seperti gatal dan jamur.

Untuk menggunakan air beras sebagai masker rambut caranya sangat mudah. Cukup tuangkan air rendaman beras pada kulit kepala dan biarkan selama lebih kurang 20 menit hingga meresap. Setelahnya gunakan sampo dan kondisioner seperti biasa. Lakukan perawatan ini satu minggu sekali agar hasilnya maksimal.

Untuk informasi saja, jangan menggunakan air beras saat cucian pertama, karena dikhawatirkan masih mengandung pestisida. Gunakan air cucian beras kedua dan seterusnya ya.

Untuk yang berkenan menggunakan kosmetika berbahan dasar beras, berikut ini  adalah beberapa merk yang direkomendasikan    seperti :

1. The face shop rice water bright cleansing foam, harganya kisaran Rp.139.000.

2. Missha secret recipe wash of mask, harganya Rp. 190.000.

3. Skin food rice brightening scrub, harganya Rp. 175.000.

Untuk produk kosmetik yang bermerk, lumayan ya harganya.

Bagaimana, apakah sahabat tertarik dan akan mencoba mengolah air beras menjadi kosmetik alami yang aman? Semua terserah pada pilihan masing-masing ya.

Salam sayang dan selamat melanjutkan aktifitasnya kembali ya.

 

Tangsel, 03 September 2019

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *