Tertutup dan sehat

Tertutup dan sehat

🌺🌺Tertutup dan Sehat.
Siapa takut.🌺🌺

Sebagai wanita muslimah, yang dalam keseharian menggunakan hijab, terkadang menemui ketidaknyamanan seputar rambut berhijab kita.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu kita alami, jika kita dapat merawat dan memperlakukan rambut kita dengan benar. Perawatan rambut berjilbab memang membutuhkan perhatian yang sedikit berbeda dengan rambut pada umumnya.

Di bawah ini adalah beberapa masalah yang biasa terjadi seputar rambut berjilbab.

1. Rambut lepek saat hijab dibuka.
Rambut dalam kondisi ini terlihat lembab dan tidak mengembang. Hal tersebut karena rambut tertutup dan kekurangan udara.
Untuk memgurangi kelembaban pada rambut, sebaiknya memilih sampo yang bebas minyak atau sampo yang tidak mengandung pelembab. Apabila ujung rambut menjadi kering, kita dapat menggunakan serum yang dapat diaplikasikan setelah rambut dicuci dan rambut dalam kondisi setengah kering. Dengan melakukan perawatan tersebut, kondisi rambut kita akan membaik.

Untuk menggunakan bandana, ciput atau inner hijab sebaiknya memilih yang berbahan katun, kaus, atau renda. Bahan tersebut baik untuk sirkulasi udara pada rambut dan kulit kepala.

2. Rambut terasa gatal saat berhijab, padahal sudah membersihkan rambut setiap hari.

Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah kita harus memastikan apakah rambut telah benar-benar kering sebelum menggunakan hijab. Hindari memakai hijab saat rambut dalam kondisi basah atau lembab.

Biasanya kulit kepala yang terasa gatal karena rambut lembab. Kondisi rambut lembab membuat rambut cenderung mudah berketombe. Jika telah mengalami hal demikian, gunakanlah sampo anti ketombe untuk mengatasinya.

Memilih potongan rambut yang nyaman, agar rambut mudah ditata dan tetap dapat bernapas tanpa diikat sehingga tidak memicu rasa gatal.

3. Rambut rontok
Gejala rambut seperti gatal, lepek, lembab, berminyak maupun berketombe dapat menyebabkan kerontokan.
Sebenarnya proses rontoknya rambut adalah hal yang alami, namun jika terjadi terus menerus akan dapat menyebabkan kebotakan.

Saat ini di pasaran terdapat serum untuk mengatasi kerontokan rambut. Untuk menjaga agar rambut tidak lagi rontok, kita dapat menggunakan hair tonik.

Berikut beberapa tips penting untuk rambut berhijab.

1. Memilih bahan hijab dan inner hijab yang lembut serta menyerap keringat sangat penting untuk kenyamanan rambut kita.

2. Saat mengenakan hijab, kondisi rambut harus benar – benar kering.

3. Memilih jilbab berwarna lembut dapat memberi efek menyejukkan.

4. Menjaga kebersihan rambut dan kulit kepala dengan menggunakan produk yang tepat dan sesuai jenis rambut.

5. Menyisir rambut sangatlah penting. Menyisir rambut juga dapat memcegah kerontokan rambut.

6. Jangan mengikat rambut terlalu erat agar tidak menyakiti rambut. Pilih ikat rambut lembut dan hindari jepit rambut besi agar tidak merusak rambut.

7. Hindari terlalu sering menggunakan pengering rambut. Keringkan rambut secara alami dengan handuk kering lembut, lebih nyaman untuk kulit kepala dan rambut kita.

8. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang sangatlah penting, agar nutrisi penunjang kesehatan rambut seperti protein, vitamin B6, B12, dan vitamin C cukup terpenuhi.

Bagaimana? Sudahkah kita merawat rambut kita dengan tepat ?

***

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *