Hunian Sejuk Tanpa Pendingin Udara?

Hunian Sejuk Tanpa Pendingin Udara?

Selamat sore sahabat blogger.

Sudah hari Jumat nih, memasuki weekend lagi di minggu ketiga September.

Kebutuhan akan pendingin rumah saat ini adalah kebutuhan yang lumayan mendesak ya. Cuaca panas di luar membuat hunian kita menjadi lebih hangat, khususnya pada siang hari.

Jika menggunakan pendingin udara memang cara instan untuk memghadirkan kesejukan dalam hunian kita. Namun, instan juga dalam memacu penggunaan listrik serta tagihannya.

Meskipun menggunakan AC inverter sekalipun, tetaplah berbeda kondisinya jika dibandingkan tanpa menggunakan AC.

Oleh karenanya, jika ingin menghadirkan kesejukan alami pada hunian kita, sebaiknya kita memahami sedikit triknya. Berikut ini beberapa cara alami untuk menghalau hawa panas hunian kita.

1. Gunakanlah tirai berkualitas baik, agar panas dapat tertahan di luar.

Hawa panas dari luar terkadang membuat suhu ruangan menjadi naik dalam waktu yang cepat.

2. Jika memiliki ruangan berukuran tidak terlalu luas, jangan gunakan furnitur yang besar, agar udara tetap dapat bersirkulasi dengan maksimal.

3. Pintu berhadapan atau searah dengan pintu atau jendela yang lainnya.

Meletakkan pintu dan jendela atau pintu lainnya dalam arah yang berhadapan sangat memungkinkan udara keluar dan masuk. Penggantian udara kotor menjadi bersih akan lebih lancar sirkulasinya.

4. Maksimalkan penggunaan jendela lebar dan dapat dibuka, agar banyak celah untuk masuknya udara kedalam hunian kita.

Jika cuaca di luar sedang panas, jendela dan  pintu jangan terlalu dibuka lebar. Hal tersebut dapat mencegah masuknya hawa panas dari luar, memasuki hunian kita.

5. Perhatikan penggunaan alat-alat listrik dalam ruangan, khususnya alat listrik yang dapat mengeluarkan panas dan dapat membuat hawa dalam ruangan terasa panas. Jika harus menggunakan alat listrik, letakkan memyebar dalam beberapa tempat.

6. Jika hunian anda masih memiliki ruang kosong di depan atau di belakang rumah, manfaatkan agar hijau. Hunian yang memiliki tanaman hijau di sekitarnya akan tampak asri. Selain itu, hunian dan sekitarnya akan terdampak hawa sejuk yang ditimbulkan daei keberadaan tanaman hijau.

Halaman dapat ditanami aneka pohon sayuran maupun pohon buah. Selain menghijaukan lingkungan, kita dapat memetik manfaat ekonomis dari yang dihasilkan tanaman tersebut.

Selain pohon sayuran, kita juga dapat menanam aneka pohon buah maupun tanaman hias. Hunian kita akan terlihat semakin asri dan segar.

7.  Jika memungkinkan, buatlah taman dengan kolam ikannya. Suasana hijau dan suara gemericik air kolam akan membuat udara terasa segar.

Nah, diatas adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menciptakan suasana yang segar dalam hunian kita. Keberadaan tanaman hijau akan menciptakan suasana dan kesegaran alami, yang jelas tidak menambah penggunaan anggaran biaya listrik yang lumayan tinggi.

Bagaimana pendapat anda ? Apakah anda hendak mencobanya?

Yuk share di sini.

Salam sayang selalu.

 

🌷🌷

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *