Jajan di rumah saja yuk

Jajan di rumah saja yuk

Selamat sore sahabat blogger.

Kali ini saya akan berbagi cerita tentang kesukaan anak-anak kita. Apakah itu? Apa hayo? Nah iya, benar. Anak-anak dan jajan, iru adalah dua hal yang sulit dipisahkan dari keduanya.  Namun pengecualian bagi anak-anak yang susah dibiasakan untuk tidak jajan di luar rumah semenjak kecil.

Ada pengalaman yang saya peroleh dari seorang ibu tang memiliki anak yang saat ini sudah kuliah. Beliau berkata bahwa sejak kecil memang ia tidak pernah membiasakan untuk jajan. Ke hipermarket pun jarang, katanya kalau bagian belanja adalah ayahnya.

Jadi jika kita lihat hingga ia dewasa, si anak tadi memang tidak suka jajan. Jika melihat makanan apapun ya responnya biasa saja.  Juga tak ingin mencoba walaupun teman sebayanya menyantap jajanan.

Jajanan pada dasarnya baik, jika kandungan gizinya baik dan tidak mengandung aneka zat berbahaya. Jajanan dapat mengundang nafsu makan. Namun ada juga jajanan yang kurang layak untuk dikonsumsi anak-anak karena jajanan tersebut tidak sehat.

Sayangnya, jajanan yang kurang sehat dikemas menarik sehingga anak-anak pun menyukainya. Penggunaan bahan pewarna maupun pengawet pun dapat digunakan dalam pembuatan produk tersebut. Oleh karenanya, sebagai orang tua kita harus dapat bersikap selektif dalam hal memilihkan jajanan sehat bagi anak-anak kita.

Bagaimana anak dapat mengurangi kebiasaan jajannya? Sebagai ibu, kita dituntut untuk dapat memberikan makanan yang baik dan sehat demi kesehatan anak-anak du masa mendatang.

Kita dapat membuat sendiri aneka jajanan yang menarik bagi mereka. Misalkan kita buatkan mereka stik keju donat, dan spageti. Kita mencontoh untuk dapat membuat jajanan kekinian seperti nugget mozarela, aneka jajanan yang dibakar seperti sosis, dumpling maupun  otak-otak. Bahkan ada ibu -ibu yang penasaran untuk membuatkan anaknya aneka seblak sehat, cilung, cireng, maupun somay.

Semua itu dilakukan agar anak-anak tak lagi membeli jajanan di luar rumah. Jajanan buatan rumah lebih aman, higienis dan lebih sehat. Karena mama membuatnya dari bHan-bahan berkualitas dan aman, sehingga baik untuk dikonsumsi.

Berikut ini beberapa daftar jajanan yang dapat kita buat sendiri di rumah :

1. Piscok

2. Kentang goreng

3. Bakso goreng

4. Risol atau risoles

5. Hamburger

6. Aneka es

7. Dll

Semoga catatan saya di atas dapat menginspirasi sahabat semua, agar dapat memberukan asupan jajanan atau kudapan yang sehat.

Selamat mencicipi ya.

 

Salam sayang selalu,

 

Foto dari Google.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *