Ide Menulis Datang Dari Mana ?

Ide Menulis Datang Dari Mana ?

Ide Menulis Datang Dari Mana ?

Oleh : Erlina Nitasari

Kadang kita sering berkata, aduh aku gak punya ide. Kalau begini, bingung mau menulis apa. Iya kan, ngaku saja deh. Kan saya juga pernah merasakan demikian juga.🤫

Setelah saya berguru pada The Mentors, saya mendapat beberapa petunjuk sebagai berikut :

1. Pertajam panca indra kita, terhadap apapun yang ada di sekitar kita.

Saat melihat,mendengarkan, mengalami, dan merasakan suatu peristiwa, simaklah dengan seksama. Lalu tulis atau rekam pada apapun media yang kita punya. Jangan biarkan “rasa” itu berlalu begitu saja, tanpa meninggalkan jejak apapun dalam ingatan kita.

2. Pandanglah sekeliling, amati, perhatikan kemudian catat atau rekam ( jika malas 😁) atau diperlukan. Suatu saat nanti, catatan kita pasti akan bermanfaat.

3. Bersikaplah terbuka terhadap orang lain.

Kadang obrolan kita dengan orang lain, bisa menjadi ide untuk kita. Jika pembicaraan seputar pengalamannya terhadap sesuatu, bertambahlah pengetahuan kita. Mulailah bersikap ramah, tak segan menyapa dan tampakkan satu senyuman, agar orang lain mengetahui keberadaan kita 😘

4. Perhatikan gerak tubuh, bahasa tubuh, cara bicara, kebiasaan-kebiasaan lokal lainnya. Dengan melakukan hal tersebut akan memperkaya wawasan dan ide dalam menggambarkan suatu tokoh.

5. Perbanyak membaca buku yang bermanfaat dan menarik, tulisan seseorang yang dianggap keren atau apapun yang akan menambah wawasan dan kosa kata kita.

6. Jangan tertinggal info terkini, viral atau sedang hits dari berbagai media.

Jadikan berita tersebut sebagai sumber referensi tulisan kita. Sebagai catatan, pilih sumber berita yang terpercaya dan valid tentu saja.

7. Cek gallery smartphone. Adakah foto atau apapun yang dapat dijadikan sumber ide. Kata pepatah, gambar atau foto menyimpan berjuta cerita.

Jadi kesimpulannya, pertajam “sungut atau antena” kita, agar lebih peka terhadap suasana sekitar.

Jangan lupa untuk mencatat atau merekam ( jika malas 😁) sumber ide yang terkadang lewat dan melesat begitu saja, dari sekitar kita.😊

Nah, hari ini sahabat semua sudah mendengar, membaca, melihat, dan merasakan apa saja? Yuk lekas ditulis sebagai sumber ide. Jangan menunda agar tidak lupa. 😍😍

Bagaimana? Semoga sharing informasi ini bermanfaat ya.

Salam,

Erlina

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *