Belajar Menulis Buku Antologi

Belajar Menulis Buku Antologi

Bismillah.

Selamat pagi sahabat semua. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pembuatan buku antologi.

Buku antologi adalah buku karya bersama beberapa kontributor penulis. Biasanya tema buku telah ditentukan, kontributornya lalu membuat naskah sesuai tema yang diminta.

Lantas, dimanakah kita dapat mulai membuat buku antologi?

Proyek pembuatan buku antologi biasanya diselenggarakan pada komunitas-komunitas menulis yang terdapat pada sosial media. Selain itu juga terdapat pada forum pelatihan menulis yang biasanya dilakukan secara online.

Bagaimana kita memulai membuat naskah buku antologi?

Proyek pembuatan buku antologi biasanya diselenggarakan oleh komunitas menulis dan pelatihan online. Jenis tulisan fiksi atau non fiksi telah ditentukan, demikian juga dengan temanya.

Kontributor penulis menyelesaikan naskah sesuai dengan dedlen yang ditentukan. Para kontributor pun diharapkan dapat tepat waktu untuk mengirimkan naskahnya.

Mengapa harus tepat waktu? Seperti kita ketahui bersama, untuk menerbitkan buku antologi melibatkan banyak pihak. Selain kontributor penulis, proyek juga bekerjasama dengan tim editor yang bertugas untuk menyunting naskah. Agar penerbitan sesuai rencana, maka penulis kontributor harus disiplin.

Setelah naskah selesai, kemudian melalui proses selanjutnya yaitu penyuntingan. Saat mengumpulkan naskah, penulis kontributor diharapkan mampu melakukan self editing pada naskahnya sendiri, agar naskahnya terhindar dari ketidaknyamanan saat dibaca.

Setelah proses penyuntingan, kemudian prosea memasuki tahap lay out, mengatur letak naskah dan penyuntingan kembali. Biasanya prosea penerbitan sebuah buku antologi berkisar hingga enam bulan. Namun proses tercepat ada juga yang hanya memakan waktu sekitar dua bulan. Lamanya proses pencetakan dan penerbitan tergantung pada penerbit maupun percetakkan sendiri.

Setelah selesai menulis, biasanya kontributor mulai menyampaikan informasi tentang buku yang akan dibuka masa POnya.  Dalam hal ini, biasanya untuk membeli buku tersebut, penulis kontributor mendapatkan harga khusus untuk penulis. Penulis dapat membelinya dalam jumlah banyak, untuk dipasarkan kembali dengan harga jual yang sudah ditetapkan bersama.

Bagaimana, sahabat tertarik untuk bergabung dalam pembuatan buku antologi? Jika berkenan, nanti akan saya infokan detailnya kemudian.

 

Salam,

Erluna

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *